|

Tips Atasi Perasaan FOMO Yang Kerap Dialami Oleh Mahasiswa

bagikan

Perasaan FOMO dijelaskan sebagai adanya cemas, gelisah, dan takut akan kehilangan momen berharga yang dimiliki teman atau kelompok sebaya.

Tips-Atasi-Perasaan-FOMO-Yang-Kerap-Dialami-Oleh-Mahasiswa

Internet adalah salah satu hal penting yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat kini. Namun dalam perkembangannya, pengguna internet bisa mengalami gangguan yang berdampak pada psikis dan kecemasannya. Gangguan ini merupakan bentuk dari kecemasan dengan adanya keinginan untuk selalu mengetahui apa yang orang lain lakukan terutama melalui media sosial. Dengan tiga indikator yakni ketakutan, kekhawatiran, dan kecemasan. Mahasiswa adalah sosok yang erat kaitannya dengan FOMO.

Ketika seseorang mengalami FOMO, ia akan terus tertarik untuk menggunakan internet sehingga berdampak pada kecanduan media sosial. Mahasisnya ketergantungan media sosial karena FOMO dapat mengakibatkan kehidupannya terganggu terutama kesehatan mental. Memudahkan penggunaannya termasuk mahasiswa untuk mengakses berbagai informasi yang sedang terjadi dan menimbulkan percakapan. Ketinggalan percakapan dinilai menjadi bibit awal FOMO bisa timbul. Kalau medsos kita gunakan untuk hal yang positif, membangun jaringan, memperbanyak ilmu dan wawasan itu dianjurkan. Namun, ketika ini sudah membuat kita fokus mengejar pengakuan cemas jika diakui dan sebagainya, itu sudah tidak ada manfaatnya.

Baca Juga: Rooftop Prince – Banyak Penonton Tapi Hanya Sekedar FOMO

Tips Atasi Perasaan Fomo Yang Terjadi

Tips-Atasi-Perasaan-Fomo-Yang-Terjadi

Generasi milenial pernah atau sering mengalami FOMO, penyebabnya pun beragam. Salah satunya yaitu paparan konten media sosial. Oleh karena itu, harus segera diatasi agar tidak mengganggu aktivitas dan perasaan siapa pun yang mengalaminya. Beberapa tips mengatasi perasaan ini:

1. Fokus pada Pengalaman, Bukan Objek Perasaan FOMO

Rumput tetangga selalu lebih hijau dari rumput sendiri, pepatah tersebut menggambarkan seseorang yang selalu iri dengan apa yang dimiliki oleh orang lain. Rasanya, kita tidak pernah puas dengan apa yang kita miliki. Biasanya hal yang selalu membuat kita iri pada orang lain adalah berbagai objek yang mereka punya, seperti rumah, mobil, atau smartphone. Oleh karena itu, cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi FOMO adalah fokus pada pengalaman yang kamu miliki, bukan objek. Kamu bisa menikmati petualangan, pencapaian, koneksi, dan sebagainya.

2. Kamu Tidak Harus Punya Segalanya

Salah satu ciri FOMO adalah kamu ingin memiliki banyak hal yang dimiliki oleh orang lain. Tanamkan di dalam dirimu bahwa kamu tidak harus punya segalanya. Kamu tidak harus memenuhi segala keinginan yang terlintas di pikiranmu. Setidaknya, kamu bisa mencukupi berbagai kebutuhanmu. Buatlah prioritas dari apa yang sangat kamu butuhkan hingga yang sekadar keinginan. Itulah salah satu cara mengatasinya yang bisa kamu lakukan.

3. Nikmati Prosesnya

Bangun pemikiran positif bahwa semua yang kamu lakukan adalah berkat dan peluang, bukan suatu kewajiban. Ketika kamu bangun pagi, sarapan, mandi, hingga berangkat ke kantor, nikmati setiap proses tersebut. Dengan demikian, kamu tidak akan terbebani dengan Perasaan FOMO akan hal-hal yang belum kamu dapatkan.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *