Fomo Marketing – Manfaat Strategi Jenius Dalam Pemasaran

bagikan

Fomo Marketing sendiri merupakan strategi pemasaran dengan tujuan menarik pelanggan dengan memanfaatkan perasaan khawatir ataupun kecemasan.

Fomo Marketing - Manfaat Strategi Jenius Dalam Pemasaran

Momen ini ketika seseorang merasa melewatkan kesempatan atau sesuatu yang menarik. FOMO ini muncul ketika seseorang melihat orang lain menikmati suatu hal atau memanfaatkan tawaran yang terbatas. Sehingga mereka khawatir akan tertinggal dari pengalaman tersebut. Dalam dunia pemasaran atau promosi, FOMO Marketing digunakan sebagai alat untuk mendorong konsumen agar bertindak dengan segera. Tindakan tersebut di antaranya membeli produk atau layanan dengan menekankan bahwa penawaran tersebut bersifat terbatas atau eksklusif.

Manfaat Fomo Marketing

Strategi ini memiliki keuntungan bagi setiap perusahaan yang menerapkan fomo marketing, karena penjualannya yang meningkat. Disini kita akan bahas beberapa manfaatnya:

Meningkatkan Penjualan Dengan Fomo Marketing

Manfaat Utama dari FOMO Marketing yaitu peningkatan penjualan yang signifikan. FOMO Marketing membuat urgensi dalam keputusan pembelian konsumen. Saat konsumen merasa bahwa mereka memiliki kesempatan terbatas untuk memanfaatkan penawaran atau produk tertentu, mereka biasanya merasa tertekan untuk segera bertindak. Promosi seperti “Dapatkan sekarang sebelum kehabisan!” atau “Penawaran khusus untuk hari ini!” ini adalah dorongan kuat bagi konsumen untuk tidak melewatkan kesempatan ini. Hasilnya yaitu peningkatan pesat dalam konversi penjualan, yang mempunyai dampak positif pada pendapatan perusahaan.

Lakukan penawaran khusus yang eksklusif bagi mereka yang berpartisipasi dalam tindakan tertentu. Salah satunya yaitu program loyalitas yang memberikan akses awal atau diskon kepada pelanggan setia. Ini akan menciptakan perasaan bahwa konsumen diberikan perlakukan istimewa atau eksklusif, perusahaan dapat menghasilkan peningkatan penjualan dari pelanggan tersebut. Mereka akan merasa bahwa pembelian produk tersebut merupakan kesempatan yang tidak boleh dilewatkan. Hal ini bisa meningkatkan pendapatan dan mendukung pertumbuhan bisnis, investasi dalam pengembangan produk baru, atau memperlus pasar.

Baca Juga: Fomo Marketing – Strategi Memainkan Psikologi 

Terciptanya Kesetiaan Pelanggan

Terciptanya Kesetiaan Pelanggan

Lewat penggunaan strategi FOMO, perusahaan mampu menciptakan pengalaman yang membuat pelanggan merasa eksklusif dan terhubung dengan merek. Sehingga terciplah ikatan emosional yang kuat antara pelanggan dan perusahaan. Saat pelanggan merasa bahwa mereka merupakan bagian dari sesuatu yang lebih besar atau komunitas eksklusif, mereka akan tetap setia terhadap merek tersebut. Perusahaan bisa lakukan program loyalitas atau program rujukan. Fungsinya untuk melibatkan pelanggan dan membeli produk atau layanan secara berkelanjutan. Serta mereka merasa bahwa mendapatkan keuntungan lebih dari hubungannya dengan merek, inilah yang mendorong mereka untuk tetap setia. Dan biasanya pelanggan setia akan membagikan pengalaman baiknya dalam berbelanja kepada teman atau keluarga. Jadi nantinya bisa memperluas dampak positif bagi perusahaan.

Terciptanya Buzz & Kesadaran Serta Retensi Pelanggan

Pelanggan ingin membagikan pengalaman mereka dengan orang lain, mengungkapkan kegembiraan mereka atau memberi tahu teman dan keluarga. Para pelanggan akan secara alami merekomendasikan produk kepada orang lain baik lewat sosmed ataupun di dalam percakapan sehari-hari. Sehingga terciptalah buzz dan minat yang besar di kalangan orang lain tentang produk merek perusahaan. Fomo Marketing membuat terciptanya ikatan emosional dengan merek dan produk yang membuat pelanggan lebih sering memilih untuk tetap setia, dalam jangka panjang.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *